Breaking News

Laman

Rabu, 11 April 2012

Cara menjadi guru yang baik

Teman - teman yang bercita - cita menjadi seorang guru ini ada sedikit tips agar bisa menjadi seorang guru yang baik, silahkan di lihat mudah - mudahan bisa bermanfa'at.

1. Seorang guru harus benar-benar menguasai materi dengan baik yang akan diajarkan. banyak hal cara bagaimana kita menyiapkan materi supaya anak didik kita mengerti sekaligus faham materi yang kita
sampaikan. rekan-rekan saya anggap sudah mengerti apa yang saya maksud kan?, intinya siapkan yang akan anda ajarkan, walaupun sekecil apapun itu.
2. Gunakan bahasa, cara, metode yang sederhana supaya anak didik anda cepat memahaminya, setelah anda menerangan, tannya kepada mereka, “Sudah faham?, ada yang perlu ditannyakan”, kasusnya adalah ketika hal itu kita lakukan kadang anak didik kita tidak ada yang tanya, dikarenakan mungkin, takut, atau dikarenakan hal yang lain. Dan itu kita bisa mensiasatinya dengan cara kita sendiri-sendiri. Cara dari khafid.com Berikan nilai plus kepada murid yang bertanya (tambahan nilai),
Dan berikan hadiah kepada muruid apabila ada yang bisa menerangkan pertannyaan murid yang bertannya. itu sebagai salah satu faktor kita bisa menghidupkan suasana kelas. yang nanti kita akan membahasnya dibawah.
3. Mampu menghidupkan suasana kelas. Disisnilah kesulitan para pengajar. Mengapa sulit dikarenakan beragam watak dari sang murid. Bagaiamana kita bisa menguasai kelas kalau kita tidak mengerti watak dari mereka (murid)?, Jelajahi watak-watak mereka, beri mereka kenyaman waktu kita ada di depan mereka, yang itu akan menimbulkan mereka suka dengan materi yang kita sampaikan.
4. SERSAN (SERius tapi SANtai). jangan terlalu serius dan jangan terlalu santai (suasana kelas). Jadi ketika kita mengajar beri sedikit guyonan yang tujuannya supaya mereka tidak jenuh dengan pelajaran yang kita ajarkan waktu itu.
5. Satukan mereka dengan permainan atau game, diselah-selah waktu terakhir (tidak sering). Dengan permainan yang kreatif, tidak melencong jauh dari pelajaran kita. Contoh: kita mengajar MATEMATIKA, dimana 1 kelas ada 30 murid, kita bagi 3 kelompok, masing-masing membentuk lingkaran dan quisnya cukup sederhana, yaitu berhitung. dari 1-30/ dari A-Z. terserah putaran bagiannya dari kiri atau dari kanan, dan itu harus dilakukan tidak boleh berhenti, anak pertma:”A”, Anak kedua “B” dan seterusnya, dan nantinya kalau ada yang salah kita beri hukuman untuk satu kelompok itu.

Tidak ada komentar:

Designed By