Breaking News

Laman

Selasa, 25 Juni 2013

Insomnia dan cara mengobatinya

Insomnia adalah suatu kelainan / penyakit dimana berada dalam keadaan sulit tidur, sulit mencapai kondisi tertidur lelap, atau keduanya. Jika mengalami Insomnia, biasanya Anda akan bangun dalam kondisi tidak segar, yang akan mengganggu kondisi beraktivitas sepanjang hari. Insomnia tidak cuma bisa menguras energi dan mood, namun juga kesehatan, aktivitas kerja dan kualitas hidup Anda.
Sebenarnya berapa lama idealnya kita tidur? Untuk hal ini tergantung tiap-tiap individu. Kebanyakan orang butuh tidur antara 7 - 8 jam per hari. Banyak orang mengalami insomnia hanya untuk masa-masa tertentu, namun ada pula yang mengalami insomnia jangka panjang (insomnia kronis).
Anda tidak perlu khawatir, karena mungkin anda cuma perlu merubah sedikit kebiasaan tidur untuk melawaninsomnia.

Gejala Insomnia antara lain:
·                     Sulit mencapai tahap tertidur lelap
·                     Terbangun saat tidur
·                     Terlalu cepat bangun tidur
·                     Tidak merasa cukup istirahat setelah tidur malam
·                     Merasa ngantuk di siang hari
·                     Merasa resah, depresi dan gusar
·                     Sulit konsentrasi saat beraktivitas
·                     Seringnya melakukan kesalahan atau kecelakaan kecil
·                     Sering merasa sakit kepala
·                     Sering muncul gangguan pencernaan.
·                     Munculnya kekhawatiran akan kondisi tidur.

Seseorang dengan gejala Insomnia kadang butuh waktu 30 menit atau lebih untuk benar-benar bisa tertidur lelap dan bisa saja cuma tidur hanya 6 jam atau kurang dari itu selama 3 hari atau lebih dalam seminggu.
Penyebab Umum Insomnia, antara lain:
·                     Stres. Kekhawatiran tentang pekerjaan, sekolah, kesehatan atau keluarga dapat menyebabkan pikiran anda aktif di malam hari dan membuat anda sulit tidur. Kehidupan yang penuh tekanan, seperti sanak keluarga yang meninggal atau sakit, perceraian atau PHK, juga bisa menyebabkan insomnia
·                     Cemas / Resah. Perasaan cemas / resah yang muncul sepanjang kita beraktivitas sampai gangguan rasa cemas yang serius juga bisa mengganggu tidur anda. 
·                     Depresi. Anda bisa jadi tidur berkepanjanganb atau jadi sulit tidur saat anda depresi. Ini bisa terjadi akibat ketidak-seimbangan kimiawi di otak atau kecemasan yang disertai depresi bisa membuat anda tidak bisa tenang saat tidur. Insomnia bisa juga disertai penyakit mental 
·                     Kafein, Nikotin dan Alkohol. Kopi, teh, cola dan minuman yang mengandung kafein terkenal sebagai stimulan. Minum kopi di sore hari bisa menyebabkan anda terjaga di malam hari. Nikotin dalam rokok juga merupakan stimulan yang bisa menyebabkan insomnia. Alkohol itu sebenarnya punya efek menenangkan dan bikin ngantuk (sedatif), namun alkohol juga malah berefek tidak bisa mencapai tahap tidur lelap dan bisa membuat anda terbangun di malam hari. 
·                     Kondisi Medis. Jika anda menderita rasa sakit jangka panjang (sakit kronik), kesulitan bernafas atau sering pipis, anda mungkin mengidap insomnia. Kondisi medis yang sering dihubungkan dengan insomnia, seperti radang sendi (arthritis), kanker, kelainan jantung, penyakit paru, penyakit saluran pencernaan - GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease), kelenjar tiroid aktif, stroke, parkinson dan alzheimer (pikun). Pastikan bahwa kondisi medis anda benar-benar terjaga, maka kondisi insomnia anda bisa dikendalikan. Jika anda mengidap arthritis, sebagai contoh, minum obat pereda sakit akan membantu anda untuk tidur. 
·                     Perubahan Suasana Lingkungan atau Jadwal Kerja. Bepergian dan bekerja larut atau terlalu pagi dapat mengganggu siklus 24 jam, yang membuat sulit tidur. Siklus tubuh bekerja sebagai jam internal, mengarahkan hal-hal seperti siklus tidur-bangun, metabolisme dan suhu tubuh. 
·                     Kebiasaan Buruk Saat Tidur. Kebiasaan yang dapat membantu tidur nyaman dan nyenyak disebut juga Sleep Hygiene. Sleep Hygiene yang buruk itu termasuk jadwal tidur tidak teratur, beraktivitas sebelum tidur, lingkungan tidur yang tidak nyaman dan penggunaan ranjang untuk aktivitas selain tidur.    
·                     Kecemasan tentang Insomnia. Insomnia bisa terjadi ketika anda terlalu cemas akan tidak bisa tidur dan terlalu memaksakan diri untuk tidur. Kebanyakan orang dengan kondisi seperti ini, biasanya akan tidur lebih baik ketika mereka jauh dari lingkungan tidurnya atau ketika mereka tidak berusaha untuk tidur, seperti ketika mereka nonton TV atau membaca. 
Makan terlalu larut malam. Makan snack ringan sebelum tidur tidak apa, namun kalau makan terlalu banyak malah akan membuat anda merasa tidak nyaman ketika berbaring, malah mempersulit untuk tidur. Banyak orang malah merasa heart burn - dada terasa panas akibat terjadinya salah alir asam lambung dan makanan ke arah dada. Perasaan tidak nyaman ini bisa membuat anda terjaga.
Penelitian yang dimuat dalam jurnal Circulation itu menunjukkan bahwa penderita insomnia memiliki resiko mengalami serangan jantung 27 hingga 40 persen lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidurnya normal.
“Kami belum tahu pasti seberapa besar efek dari gangguan tidur itu, juga berapa lama kondisi insomnia yang bisa berujung pada penyakit jantung,” kata Suzanne Steinbaum, seorang kardiolog di Rumah Sakit Lenox Hill yang ikut dalam penelitian tersebut, kepada majalah TIME. “Yang bisa kami pastikan adalah itu memang ada hubungannya.”
Memang ada banyak yang dapat menjadi penyebabnya. Penyebabnya bisa jadi karena efek pengobatan, kram, apnea tidur, stres, depresi, hingga kecemasan.
Hingga saat ini ada berbagai jenis pilihan untuk mengobati insomnia. Kebanyakan dokter menganjurkan penggunaan obat tidur atau obat anti-kecemasan untuk menyembuhkan insomnia pasiennya.
Namun, di pihak penderita sendiri, sebenarnya ada beberapa cara non-medis yang bisa dicoba sendiri di rumah. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu mengatasi insomnia.
·         Cobalah untuk tidur pada jam yang sama setiap malam
Ini adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi insomnia, karena tubuh manusia memang dirancang dengan jam biologis dan membutuhkan rutin tidur yang baik.
·         Cobalah untuk meningkatkan aktivitas Anda di siang hari
Dengan lebih aktif di siang hari, Anda akan lebih mudah untuk terlelap di malam hari. Tentu saja, untuk mengatasi insomnia, jenis aktifitas yang dibutuhkan adalah aktifitas fisik. Peredaran darah akan lebih lancar dan tubuh akan membutuhkan istrirahat.
·         Kurangi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, terutama menjelang malam
Banyak yang mengira minum teh hangat atau coklat panas menjelang tidur akan memudahkannya terlelap. Kenyataannya, Anda justru tidak akan dapat mengatasi insomnia dengan teh dan coklat karena kandungan kafeinnya. Hindari makan berlebihan di malam hari khususnya menjelang tidur.
·         Khususkan tempat tidur hanya untuk tidur
Sebisa mungkin, jangan bawa pekerjaan Anda ke tempat tidur, atau menonton televisi dari tempat tidur. Televisi dan komputer adalah salah satu faktor yang paling menyulitkan seseorang mengatasi insomnia.
·         Lakukan aktifitas santai sebelum tidur
Jika dalam waktu setengah jam sejak Anda merebahkan diri Anda belum juga terlelap, cobalah bangun dan lakukan aktifitas yang santai, seperti membaca buku, sampai Anda mengantuk.
·         Atur pernapasan agar lebih dalam dan panjang
Itu dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks. Banyak yang terbantu untuk mengatasi insomnia dengan cara ini.
·         Upayakanlah agar kondisi kamar Anda kondusif untuk tidur
Matikan lampu dan pastikan agar tidak ada suara-suara yang dapat mengganggu.
·         Jangan terlalu terobsesi dengan tidak bisa tidur
Banyak penelitian mengungkapkan bahwa orang yang terlalu khawatir soal tidak bisa tidur biasanya adalah yang paling kesulitan mengatasi insomnia. Ingatlah, meski insomnia adalah penyakit yang cukup serius, namun itu dapat diobati.
Pengobatan insomnia dengan bahan ini cukup efektif dan terbukti, yang anda butuhkan adalah buah Pala. buah pala atau memiliki nama ilmiahnya (Myristica fragrans) sangat baik untuk Membantu tidur anda dengan pulas. Buah pala sebenarnya adalah obat penenang alami.

Sebelum meramu buah pala sebagai obat tidur alami, perlu anda ketahui kandungan kimiawi buah pala. pala memiliki kandungan minyak atsiri, kamfen (zat Pembius alami), saponin, myristin, elemisi,dipenten, enzim lipase, pektin, lemonena,pinen safrol, eugenol, dan asam oleanolat. Kesemua zat tersebut sangat baik bagi kesehatan[National Science and Technology Authority].

Meramu Obat tidur alami Berdasarkan pengalaman saya pribadi, Buah pala teryata sangat terbukti efektif dan saya anjurkan menggunakan buah pala atau biji pala yang kering. Anda bisa membelinya di pasar tradisional. siapkan 2 biji buah pala kering dan gula jawa secukupnya, tumbuk halus hingga menjadi serbuk, kemudian masaklah air 300 cc bersamaan dengan serbuk pala dan gula jawa secukupnya, tunggu dingin lalu saring dan minum.

Atau opsi ke2, anda bisa menggunakan susu segar 300 cc, masaklah bersamaan dengan 2 biji serbuk pala hingga mendidih. tunggu dingin kemudian saring dan minum.

Pengalaman saya setelah meminum ramuan tersebut Alhamdulillah, dalam jangka waktu kurang lebih 1,5 jam baru terasa efeknya mengantuk. Namun jika ramuan ini tidak menimbulkan efek dalam jangka 1,5 - 2 jam pada diri anda sebaiknya konsultasilah dengan dokter. mungkin ada gangguan lain pada diri anda. Selamat mencoba resep Obat almi Insomnia

Tidak ada komentar:

Designed By