Breaking News

Laman

Senin, 24 Juni 2013

Format RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Setiadi CP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


A.    IDENTITAS
Mata Pelajaran :  Kompetensi Kejuruan
Kelas / Semester          :  X / Genap
Pertemuan ke              :  1 - 3
Alokasi Waktu            :  8 X 45 menit
Standar Kompetensi   :  Melakukan Instalasi Perangkat Jaringan Lokal (Local Area Network)
Kompetensi Dasar       :  Menentukan persyaratan pengguna dan pengenalan perangkat   LAN


B.     INDIKATOR
1.      Segmen-segmen sistem yang diusulkan diidentifikasi berdasarkan kebutuhan bisnis
2.      Persyaratan segmen ditentukan menggunakan analisis fungsional LAN.
3.      Kandungan dan volume lalu lintas diperkirakan sesuai kebutuhan organisasi.
4.      Kebutuhan sumber daya pada masing-masing segmen LAN ditentukan.
5.      Fitur-fitur lingkungan fisik dipertimbangkan sebagai dampak dari disain LAN
6.      Pilihan  topologi dipertimbangkan dengan mengacu pada sumber daya yang tersedia dan matriks fungsional LAN.
7.      Harga pilihan topologi dihitung
8.      Topologi LAN yang cocok dipilih sesuai dengan kebutuhan bisnis dan analisis fungsional


C.     TUJUAN
1.      Siswa dapat mengidentifikasi segmen-segmen sistem yang diusulkan berdasarkan kebutuhan bisnis.
2.      Siswa dapat menentukan persyaratan segmen menggunakan analisis fungsional LAN.
3.      Siswa dapat memperkirakan kandungan dan volume lalu lintas sesuai kebutuhan organisasi.
4.      Siswa dapat menentukan kebutuhan sumber daya pada masing-masing segmen LAN
5.      Siswa dapat menjelaskan fitur-fitur lingkungan fisik sebagai dampak dari desain LAN
6.      Siswa dapat memilih topologi dengan mengacu pada sumber daya yang tersedia dan matriks fungsional LAN.
7.      Siswa dapat menghitung harga pilihan topologi.
8.      Siswa dapat memilih topologi LAN yang cocok dipilih sesuai dengan kebutuhan bisnis dan anlisis fungsional.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
1.      Konsep jaringan komputer : protokol jaringan, arsitektur jaringan, dsb.
2.      Jenis dan fungsi perangkat LAN dan perluasannya
3.      Jenis jenis topologi yang ada dan juga keuntungan dan kerugiannya
4.      organisasi dan bisnis organisasi

E.     MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model
1.      Kooperative Lerning

Metode
1.      Teori / Ceramah
2.      Tanya Jawab / Diskusi
3.      Praktek dan Tugas Kelompok / Latihan Ketrampilan

F.      SKENARIO PEMBELAJARAN
No
Tahapan
Kegiatan
Alokasi waktu
Guru
Siswa
1
Tahapan Pendahuluan



- Berdo'a
guru juga berdo'a
siswa yang diwakili ketua kelas memimpin untuk berdo'a
5 menit
- Absensi
Guru memanggil siswa satu persatu untung absen kehadiran
siswa mengacungkan tangan jika di panggil guru dengan berkata "hadir"
5 menit
- Memberi Motivasi
Guru memberikan pesan - pesan yang lebih bersifat membangun soft skill siswa 
siswa mendengarkan motivasi yang diberikan guru
10 menit
2
Tahapan Inti 1



- Menjelaskan pengertian LAN, WAN, MAN, Internet, Bandwidth, Data dan Paket
Guru menjelaskan Materi tentang LAN, WAN, MAN, Internet, Bandwidth, dan data paket dengan slide persentasi yang sudah disiapkan sebelumnya, dan juga seetiap akhir dari pembahasan satu slide guru menanyakan apakan siswa ada yang kurang jelas
siswa mendengarkan persentasi yang disampaikan oleh guru, dan apabila ada yang kuramg jelas siswa bisa langsung bertanya ketika di persilahkan oleh guru
30 menit
- Memahami fungsi peralatan/ komponen jaringan
Guru menjelaskan Materi tentang Peralatan atau komponen - komponen yang ada pada jaringan dengan slide persentasi yang sudah disiapkan sebelumnya, dan juga seetiap akhir dari pembahasan satu slide guru menanyakan apakan siswa ada yang kurang jelas
siswa mendengarkan persentasi yang disampaikan oleh guru, dan apabila ada yang kuramg jelas siswa bisa langsung bertanya ketika di persilahkan oleh guru
20 menit
Guru menginstruksikan untuk membuat kelompok dengan ketentuan " setiap kelompok harus ada perempuan dan laki laki, setiap kelompok berangotakan 4 - 5 siswa "
siswa yang diwakili ketua kelas mengambil alih untuk pembentukan kelompok
3 menit
guru memberikan tugas rumah untuk mencari contoh jarinagn LAN, MAN dan WAN (kelompok )
siswa mencatat tugas
2 menit
Tahapan Inti 2



- Memahami syarat setiap segmen jaringan berdasarkan analisis fungsional.
Guru menjelaskan Materi tentang segmen segmen jarinagn dengan slide persentasi yang sudah disiapkan sebelumnya, dan juga seetiap akhir dari pembahasan satu slide guru menanyakan apakan siswa ada yang kurang jelas
siswa mendengarkan persentasi yang disampaikan oleh guru, dan apabila ada yang kuramg jelas siswa bisa langsung bertanya ketika di persilahkan oleh guru
23 menit
- Mengidentifikasi  jenis-jenis topologi jaringan (Berdasarkan fisik dan berdasarkan logical)
Guru menjelaskan Materi tentang Topologi jaringan slide persentasi yang sudah disiapkan sebelumnya, dan juga seetiap akhir dari pembahasan satu slide guru menanyakan apakan siswa ada yang kurang jelas
siswa mendengarkan persentasi yang disampaikan oleh guru, dan apabila ada yang kuramg jelas siswa bisa langsung bertanya ketika di persilahkan oleh guru
30 menit

Guru memberikan tugas kelompok untuk mencari suatu jaraingan dan kemudian dianalisa tentang topologi yang dipakai dan juga keuntungan menggunakan topologi tersebut kemudian di persentasikan dipertemuan selanjutnya
siswa mencatat tugas
2 menit
Tahapan Inti 3



Persentasi Tugas kelompok yang sebelumnya sudah di berikan pada pertemuan sebelumnya (hanya satu kelompok dan dipilih secara acak )
guru mengawasi jalanya persentasi yang dilakukan siswa dan kemudian mencatat keaktivan siswa (yang bertanya , menjawab, dan juga memberi tanggapan)
siswa harus aktif dalam kegiatan persentasi
15 menit
- Menguraikan spesifikasi teknis masing-masing segmen meliputi kapasitas, volume, kebutuhan sumber daya dan fitur tambahan.
Guru menjelaskan Materi tentang spesifikasi jaringan pada masing masing segmen dengan slide pentasi yang sudah disiapkan sebelumnya, dan juga seetiap akhir dari pembahasan satu slide guru menanyakan apakan siswa ada yang kurang jelas
siswa mendengarkan persentasi yang disampaikan oleh guru, dan apabila ada yang kuramg jelas siswa bisa langsung bertanya ketika di persilahkan oleh guru
40 menit
Tahapan Inti 4



Praktikum membangun sebuah jaringan dengan memperhitungkan fungsiolan dan fungsi ekonomis ( praktikum dilakukan dengan kemlompok yang sudah di bentuk sebelumnya )
Guru mengawasi jalannya praktikum, dan membetulkan apabila ada kesalahan pada proses pengerjaannya,
siswa melakukan praktikum dengan sungguh sungguh sehingga kegiatan praktikum bisa terlaksana dengan baik dan sesuai yang diharapkan
55 menit
3
Tahapan Penitup



Memberikan pesan - pesan
Guru menyampaikan pesan - pesan yang mendidik ke siswa
siswa mendengarkan motivasi yang diberikan guru
10 menit
Do'a
berdo'a
siswa yang diwakili ketua kelas memimpin untuk berdo'a
5 menit

G.    SUMBER BELAJAR, BAHAN, DAN MEDIA
Sumber Belajar :
1.      Buku Manual Jaringan Komputer
2.      Modul Ajar oleh : Muhammad Faiz Firmansyah
3.      Internet :
http://izan-sher.blogspot.com
http://kumpulanmateritkj.wordpress.com
http://rangkumanarsip.blogspot.com
dll.

Alat atau Bahan Ajar
1.      Perangkat Jaringan Komputer (Kabel UTP, RJ45, Router, HUB, SWITCH, dll)
2.      Toolkit (Tang Krimping, LAN Tester)
3.      Perangakat Komputer atau Laptop

Media Pembelajaran
1.      Slide Persentasi oleh guru pembimbing (setiap bab)
2.      Video Tutorial

H.    PERANGKAT EVALUASI
1.      Prosedur penilaian
a.       Penilaian proses belajar Dilaksanakan selama kegiatan pembelajaran berlangsung yang meliputi penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik siswa.
b.      Penilaian hasil belajar yang berupa penyajian hasil diskusi.
2.      Teknik Penilaian :
a.       Non Struktural ( Hasil diskusi, Keaktivan dikelas, Tugas, Tingkah Laku )
b.      Struktural ( Tes tertulis )
instrumen :
1). Soal Pilihan Ganda
2). Soal Uraian
Keterangan :
( instrument penilaian terlampir )



Mengetahui,

Malang, 04 Maret 2013
Kepala Sekolah SMK AX
Guru Mata Pelajaran,



XXXXXXXXXXXX




Muhammad Faiz Firmansyah
NIP XXXXXXXXX

NIM. 110533430657  off. E 2011

Tidak ada komentar:

Designed By